K.H Abdurachman Wahid : Negarawan Sejati

“Tidak boleh lagi ada pembedaan kepada setiap warga negara Indonesia berdasarkan agama, bahasa ibu, kebudayaan serta ideologi”
-K.H. Abdurrachman Wahid-

Abdurrachman Wahid memang seorang ulama tetapi beliau lah yang menunjukkan bahwa sesama manusia harus saling menghormati. Beliau memiliki pemikiran yang sangat maju tetapi belum dapat diterima oleh masyarakat Indonesia. Walaupun demikian, beliau menunjukkan bahwa beliau bukan hanya seorang ulama tetapi juga seorang negarawan yang mempunyai cita-cita menegakkan 4 pilar kebangsaan yaitu: NKRI, Pancasila, UUD 45, dan Bhineka Tunggal Ika.

Gus Dur telah memberikan pemikiran-pemikiran yang mencakup keanekaragaman Indonesia tetapi apakah pemikiran tersebut muncul di saat yang tepat? nampaknya pemikiran tersebut muncul pada saat yang tidak tepat. Hal ini tergambarkan dengan makin maraknya gengsi kelompok yang mengatasnamakan agama, ras, suku padahal Gus Dur sudah memberikan pelajaran bahwa Indonesia merupakan kumpulan perbedaan yang berbaur dan bersatu untuk memperkuat kesatuan. Salah satu kelompok yang merasa paling “islam” tidak mempelajari pemikiran beliau yang mengakibatkan pemikiran bahwa mereka adalah kelompok yang paling benar.

Kalau saja saya memiliki kesempatan untuk berdiskusi dengan beliau mengenai pemikiran-pemikirannya, mungkin momen tersebut merupakan momen paling berharga dalam hidup saya. Berkat pemikiran-pemikiran beliau saya memiliki keinginan untuk membangun kembali Negara Indonesia tercinta ini. tapi apakah Indonesia sekarang ini membutuhkan seorang negarawan yang masih idealis atau hanya membutuhkan seorang Warga Negara Indonesia yang tidak memiliki keinginan untuk merubah keadaan Indonesia saat ini? mungkin mental saya masih belum siap untuk memberikan sumbangsih kepada Negara Indonesia.

Saya Harap masih banyak Warga Negera Indonesia yang berkeinginan untuk kembali berjuang untuk membangun negara ini. Karena para pejuang telah mengorbankan nyawanya untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Advertisements

About satufajar

Young and Dangerous! i just try to write what on my mind and hope my blog is useful for many people!
This entry was posted in Pemikiran seorang pemuda and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s