Young And Dangerous

Sekitar akhir bulan Januari tahun 2013,saya ditawari untuk membangun sebuah kantor konsultan di bidang hukum yang berdomisili di Bandung oleh dua senior saya di kampus. Pada saat itu juga saya langsung tertarik karena dua senior saya ini memiliki konsep yang berbeda dari law firm.

Sebelum membangun kantor ini, kami memiliki kesibukan masing-masing, satu senior saya sudah menjalani dunia advokat sejak tahun 2010 yang tahun ini akan menjadi advokat dan satu lagi senior saya itu bekerja sebagai legal di salah satu perusahaan. Sedangkan saya menjadi seorang freelance yang tidak memiliki pekerja tetap karena saya memiliki cita-cita menjadi seorang dosen. Maka dari itu, kantor ini menjadi “proyek” masa depan kami yang kami mulai dari sekarang. Karena kami beranggapan bahwa suatu saat kami tidak akan bekerja pada orang lain melainkan kami dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain. Dari tujuan itulah kami mulai membangun kantor konsultan ini dari sekarang. kami menamakan kantor ini “Parahyangan Consultant Group”.

Banyak orang yang memandang kami sebelah mata tetapi hal itu lah yang membuat jiwa muda kami semakin tertantang untuk membuktikan bahwa kami akan memiliki kantor konsultan yang berintegritas. Kantor ini tidak hanya bergerak di bidang hukum tetapi kami memiliki rencana untuk mencakup semua bidang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kami sempat terhenyak ketika kantor ini baru memulai, ternyata sudah ada beberapa klien yang membutuhkan jasa kami. Seiring berjalannya waktu, kami menemui seorang klien yang umurnya sekitar 50-60 tahun. Pada saat pertemuan pertama sesuai dengan dugaan kami, klien tersebut memandang remeh kami karena dianggap kami terlalu muda. Dari situlah jiwa muda kami semakin memuncak karena kami sebagai orang muda ingin membuktikan bahwa orang muda akan mampu menjalankan semua tantangan.

Pada pertemuan kedua, akhirnya kami dapat membuktikan bahwa orang muda memiliki kemauan dan kemampuan untuk menghadapi tantangan. Setelah pertemuan itu, klien kami selalu menghubungi kami untuk segera menjalankan pekerjaan yang diperlukan oleh klien tersebut.

Saya pun kembali teringat dari perkataan seorang klien saya terdahulu pada saat saya berada di sebuah Lembaga Bantuan Hukum, beliau berumur sekitar 60 tahun dan berkata “Indonesia akan maju apabila manusia seangkatan saya dimusnahkan dari muka bumi ini”. Perkataan tersebut selalu tersimpan dalam pikiran saya.

SoekarnoDari dua ilustrasi tersebut menggambarkan bahwa saat ini orang muda yang akan membangun bangsa!!ketika generasi muda memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun bangsa maka bangsa ini pun akan kembali menjadi bangsa yang disegani oleh masyarakat dunia. Apabila kita cermati, mantan Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pernah mengeluarkan statement tentang pemuda yaitu “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”

Banyak tantangan yang dihadapi oleh generasi muda untuk membuktikan statement Bung Karno tersebut diantaranya adalah ketidakpercayaan diri untuk memulai sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara serta masih banyaknya pandangan sebelah mata dari kalangan orang yang lebih tua dan diantara generasi muda itu sendiri.

Tantangan selalu menimbulkan resiko tetapi perlu diingat “no risk no fun” ketika tidak ada resiko, kita tidak akan berjuang untuk menghadapi tantangan tersebut dan memilih diam di zona aman. Padahal tantangan yang menimbulkan resiko itu sesuatu yang menyenangkan karena pada saat kita jatuh banyak sekali pengalaman dan pelajaran yang kita dapat untuk menjadi sesuatu yang lebih baik.

Soekarno 1Pada saat generasi muda mulai bertindak akan mimpinya maka semua tantangan tidak lagi dianggap sebagai halangan tetapi akan dianggap sebagai “pemanis” dalam menjalankan mimpinya maupun mimpi Bung Karno. Seperti statement Bung Karno “Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia”. Pesan Bung Karno tersebut yang harus dimaknai oleh para generasi muda bahwa generasi muda tidak hanya cuma bermimpi tapi harus bertindak untuk mencapai mimpi itu.

Sudah saatnya generasi muda melakukan tindakan-tindakan untuk keluar dari zona aman dan menghadapi tantangan tersebut guna membuktikan bahwa saatnya yang muda yang mengubah dunia!! jangan hanya menunggu menjadi orang tua tetapi mulai dari sekarang (saat muda) bertindak dan mulai menghadapi semua tantangan!

Pengalaman yang berharga bukan di dapat dari pengalaman orang tua tetapi pengalaman yang kita alami sendiri karena kita menjalankan resiko yang ada di depan mata! Pernahkah kita membayangkan pada saat kita tua nanti kita menyesal karena kita tidak berani untuk memulai sesuatu pada saat kita muda?pernahkah kita membayangkan pada saat tua nanti kita hanya melihat bangsa ini semakin hancur?

Bayangan-bayangan itulah yang harus kita perhitungkan dari sekarang. Ini hanya sebuah pemikiran seorang generasi muda yang berusaha untuk menghadapi tantangan dari sekarang. Memang belum terbukti apakah teori-teori ini akan berhasil tetapi yang pasti saya sudah mencoba mengambil resiko untuk menghadapi tantangan yang ada di depan!

Saya pun selalu mengingat pesan dari Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama,yang inti dari pesan tersebut adalah “ada dua pilihan untuk menjalani kehidupan sekarang yang diibaratkan seekor ikan yang hanya mengikuti arus maka ikan itu hanya akan menjadi ikan yang murah tetapi kenapa kita tidak menjadi ikan salmon yang melawan arus”. Saya berpikir pesan ini sangat bermanfaat bagi generasi muda.

Seperti yang saya katakan tadi bahwa sebagai generasi muda jangan hanya berada di zona aman tetapi harus berani untuk melawan arus yang sangat beresiko. Pada saat kita melawan arus itu dan tetap bertahan maka kita akan menjadi generasi muda yang berkualitas seperti ikan salmon.

Young and Dangerous” jangan hanya menjadi sebuah tagline tetapi harus menjadi kenyataan yang menggambarkan bahwa generasi muda adalah generasi yang dapat mengubah dunia!

Advertisements

About satufajar

Young and Dangerous! i just try to write what on my mind and hope my blog is useful for many people!
This entry was posted in Pemikiran seorang pemuda and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Young And Dangerous

  1. fakhrul putra says:

    saya setuju bahwa pemuda akan mengguncangkan dunia. Sayang sekali jika masih ada orang tua yang memandang sebelah mata pemuda-pemuda atau mereka tampaknya lupa kalau “….waktu tidak berjalan mundur?” jika demikian , rupanya mereka tampak seperti salmon yang melawan arus, tp sebenarnya mereka adalah ikan napoleon yang sudah hampir punah.

    apresiasi dan ucapan terimakasih yang besar bagi pemuda seperti anda bukan karena tulisan ini tp karena telah menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk berpartner dengan saya di Parahyangan Consultant Group.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s